Blogger Jateng

CARA TRACKING TELKOM 4 (SATELIT MERAH PUTIH) 108E

CARA TRACKING TELKOM 4 (SATELIT MERAH PUTIH) 108E

cara Tracking satelit Telkom 4 (Satelit merah putih) untuk pengguna parabola dengan 2 LNB Jarak antara satelit Telkom 3S dengan Palapa D, serta antara satelit Palapa D dengan Telkom 4, yaitu sama, 5 derajat. Sehingga tidak perlu lagi merubah jarak antara LNB 1 dan LNB 2 di braketnya (dudukan LNB).

Tapi ada beberapa cara untuk Tracking satelit Telkom 4, yaitu menggeser antena parabola ke arah Barat, atau memutar tiang fokus 180 derajat (khusus tiang tunggal berbentuk cangkul, bukan tripod).

Pertama ubah sebagian pengaturan pada Receiver anda. Silakan tambahkan list satelit baru di receiver anda dengan nama Telkom 4. Jika anda menambahkan list satelit baru dengan nama Telkom 4, maka segala pengaturan lnb pada Palapa D anda pindahkan ke Telkom 4, dan segala pengaturan lnb pada Telkom 3S anda pindahkan Ke Palapa D.
Berikut ini sedikit pengaturan yang diubah:

SEBELUM
Telkom 3S: Port 1 / LNB 1, 22KHz = ON
Palapa D: Port 2 / LNB 2, 22KHz = OFF

SESUDAH
Palapa D: Port 1 / LNB 1, 22KHz = ON
Telkom 4: Port 2 / LNB 2, 22KHz = OFF (jika menambah list satelit baru dengan nama Telkom 4)

NB:
- Untuk pengaturan 22KHz tidak terlalu mempengaruhi, terkecuali jika anda memang menggunakan switch 22khz, tinggal mengikuti saja yang diterapkan di resiver anda sebelumnya

Setelah Palapa D diubah jadi Port 1 / LNB 1, maka kualitas sinyal dari seluruh siaran dari Palapa D (tvOne, MNCTV, RCTI, dll) akan menghilang.
Untuk bisa lock Palapa D kembali (setelah pada pengaturan diubah jadi Port 1 / LNB 1), maka anda harus geser antena parabola anda ke arah barat.
Silakan standby pada siaran tvOne (bisa juga pada siaran lain seperti MNCTV atau MetroTV), tekan info, muncul kualitas sinyal yang masih 0 persen.
Lalu mulailah anda geser antena parabola anda ke arah barat dengan melonggarkan baut pada besi penyangga antena parabola. Geser pelan-pelan ke arah barat sampai kualitas sinyal dari tvOne muncul kembali, dan jika sudah muncul, geser lagi sedikit agar kualitas sinyalnya semakin tinggi, dan kancing kembali dengan baut pada besi penyangga.

Lalu silakan scan otomatis (blindscan) pada satelit Telkom 4 (yang sudah jadi Port 2 / LNB 2), maka anda sudah bisa mendapatkan siaran-siaran dari Telkom 4.

Beberapa siaran yang aktif di Telkom 4 saat ini antara lain:
- 3850 H 6000 = ANTV (Mpeg2)
- 3875 H 6000 = Trans7 (Mpeg2)
- 3880 H 2250 = CNN Indonesia HD (Mpeg4)
- 3890 H 6000 = TransTV (Mpeg2)
- Dan 4 siaran lainnya.

By : Forum Satelit

Posting Komentar untuk "CARA TRACKING TELKOM 4 (SATELIT MERAH PUTIH) 108E"